Pages

Selasa, 02 Agustus 2016

[MV Explanation & Review] Arti Dibalik MV NCT 127 - Fire Truck



WOO WOO WOOW WOOO!! FIRETRUCK!
SOBANGCHA!!!


이해못했던 127 소방차 뮤비 성명해준 127멤버들... 
NCT 127 MPD MV Commentary Fire Truck
우아아 뮤비가 이런 깊은 의미 가지고 있을줄 진짜 모릅니다 ... 뮤비코멘터리 보기 후에 울뻔함. 대박!! 7명 127들은 천사(?)로 여자 주인공을 어릴때 부터 할머니 될때까지 지키다. 엔딩 장면에 할머니는 하늘나라로 가긴 후에 그 7명 천사들이 다른 꼬마(할머니의 손자)를 지킬 것이다.
나는..... 그 7명 천사 있으면 좋겠다...
Member 127 yang memberi penjelasan tentang MV 127 Firetruck yang tadinya tidak bisa ku pahami...
Wah... Aku benar-benar tidak tahu kalau MV nya mempunyai arti yang mendalam seperti ini... Setelah aku menonton MV Commentary aku hampir menangis. Daebak!! Member 127 yang berperan sebagai 7 malaikat (?) melindungi pemeran utama wanita dari kecil hingga menjadi nenek-nenek. Di scene endingnya setelah si nenek pergi ke surga, 7 malaikat itu juga akan melindungi anak kecil lain (cucu sang nenek).
Aku juga ingin memiliki 7 malaikat yang seperti itu...


Sempat jadi kontroversi dari mulai penindasan terhadap perempuan sampai pelecehan agama tertentu, MV ini menurut gue adalah sebuah mahakarya 감독님 mr director yang luar biasa.... :"v



so-bang-cha
Yaps, unit kedua dari NCT ini beberapa saat lalu akhirnya merilis mini album (dan debut secara resmi) dengan lagu tittle nya Fire Truck atau 소방차 (Sobangcha). Lagunya sendiri waktu baru debut juga banyak banget reaksinya. "Gaje" "gajelas" "gak jelas" "apaan ini" dan lain sebagainya. Tapi mau gak mau kita harus mengakui kalo lagunya lumayan addictive. Duh, SM pake jampi-jampi apaan sih, setiap lagunya mesti bikin terngiang-ngiang.

Oke, selain lagunya, MV nya pun dapat tanggapan macem-macem. Waktu pertama kali gue lihat nih MV, emang sih gak terlalu merhatiin jalan cerita. Karna emang biasanya SM bikin video klip gak pernah nyambung sama lagunya. Lagunya tentang cinta, video klipnya isinya orang joget-joget di kotakan. Yeah, SM style... Tapi MV firetruck ini ada selipan-selipan scene yang ternyata punya arti mendalam. Bukan hanya seonggok bocah-bocah yang mainan pistol air, atau pun semprotan air dalem kelas. Dan itu aja gue baru ngeh setelah nonton MV Commentary. :v

#1 Kontroversi Tempat Ibadah yang Dihancurkan
Sempet banyak beredar di kalangan kpopers khususnya INA tentang salah satu scene di MV ini, yaitu saat pemeran cewek bikin bangunan dari pasir yang mirip masjid, kemudian bangunan itu dihancurkan oleh member 127 (baca: il-i-chil) pakai tembakan air. Scene ini dianggap melecehkan umat muslim karna mereka menghancurkan tempat ibadahnya.

[Scene yang paling dibenci Haechan. Tebak kenapa..]
Padahal Pertama:
Kalau diperhatikan bangunan yang mereka hancurkan bukanlah yang berbentuk yang katanya 'masjid' itu, melainkan yang bentuknya seperti ember.

Padahal Kedua:
Atas: Cetakan yang dipakai di MV Firetruck
Bawah: Cetakan yang dijual di OLS



Cetakan pasir itu bukanlah MASJID melainkan TAJ MAHAL. Dan FYI, Taj Mahal itu kuburan.Cetakan seperti ini banyak di jual di toko mainan.
See? So... jadilah fans yang open-minded dan gak baperan, dan smart :)

#2 Kontroversi Scene yang mengandung konten seksual
Ehm...
no komen sebenernya ...
Terlepas dari otak gue yang sangat sensitif terhadap konten 19++ (damn it) awalnya gue juga agak gimana gitu sama scene semprot-semprotan air. Yah, untungnya cuman air, bukan susu.




Yah..

Pokoknya gitu.

Anyway kontroversi ini terbantahkan saat SM ngasih klarifikasi kalau sesungguhnya arti MV tersebut adalah tentang melindungi seorang anak. Dan di jelaskan lebih rinci oleh member 127 di MV Commentary berikut ini.





Explanation
Fire Truck menceritakan tentang seorang wanita yang dijaga oleh 7 malaikat (?) dari awal hidupnya sampai akhir hidupnya. Ada beberapa scene "semprot air" yang setiap scenenya menggambarkan fase kehidupan si cewek dari kecil sampai dewasa.


- Waktu si cewek masih anak-anak, sedang bermain di taman dan 127 datang menyeprotkan air menggunakan pistol air.
 
- Si cewek udah sekolah, saat di kelas 127 tiba-tiba masuk kelas dan menyemprotkan air pakai selang pemadam kebakaran. (sebelumnya cuma pake pistol air karna mungkin masih kecil kali yak)

- Si cewek mulai remaja, dia lagi uhm...dating ama cowok dan lagi-lagi 127 datang ngeganggu orang pacaran nyemprotin air.
 
- Si cewek udah dewasa dan udah kerja. Lagi di kantor pun 127 dateng-dateng nyemprotin air.


- Sampai si cewek udah berkeluarga, udah punya anak, lagi asik-asik makan bersama 127 pun masih suka ngerusuh nyemprotin air.


Lalu kita bertanya-tanya.. Kenapa?

Apaan sih rusuh banget tu orang-orang!!!
Segitu bencinya sama si cewek!!!
TERANGKANLAH TERANGKANLAH ~

Jawabannya dimulai saat menit ke 2.15
Disinilah semuanya menjadi terang.
(Kalo yang ngikutin MV-nya bersiaplah karna scene nya cepet)
Alasan mereka nembakin air karna ada api nyala waktu si anak cewek mainan di taman. 

 Sewaktu di kelaspun, ceritanya mereka lagi praktek dan ada api muncul di tabung eksperimen.

 Si cowok yang macarin gadis ternyata dibayar buat ngerayu dia. 

 Rahasia perusahaan tempat si cewek bekerja hampir tercuri.

Listrik di rumah si cewek konslet dan terbakar.

Yap. Jadi intinya 127 ini datang saat si cewek hampir mengalami hal yang berbahaya dan nyelametin si cewek.
Si cewek pun berterima kasih pada para malaikat pelindungnya.

Ending.
Si cewek tadi pun sudah tumbuh dewasa dan menua menjadi nenek-nenek. Ia mengenang saat-saat para malaikat pelindung menjaga hidupnya sampai sekarang ini.

Sampai akhir hidupnya...

Setelah kepergian si wanita tadi ke surga, tugas 127 pun telah selesai. Namun para malaikat tersebut tidak hanya melidungi satu orang saja. Mereka mencari anak lain yang akan mereka lindungi hidupnya.

Nah! So begitulah inti dari MV nya. Sebenernya gue nulis ini karna masih aja ada yang ngebahas kontroversi di atas, dan kebanyakan cuma modal "katanya". MV review ini gue tulis 100% berdasarkan penjelasan para member, karna gue terlalu capek berspekulasi. (jadi inget sequel mv BTS I Need you yang teorinya macem-macem). Semoga penjelasan yang udah jelas-jelas jelas ini gak bikin salah paham lagi, and NCT 127reul manhi saranghae juseyo~

Bonus:
"YUTA PUNYA HAECHAN SEORANG!"


-----

4 komentar:

  1. Makasi penjelasannya, pertama saya juga kaget waktu sedang melihat mv nya dan melihat 'masjid' muncul disana.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ntah gue receh apa gimana, humor gue anjlok waktu Lo ngomong nge gas banget eta mah lain masjid eta mah kuburan geblek 😂😂😂😂

    BalasHapus
  4. "Lagi di kantor pun 127 dateng-dateng nyemprotin air."

    Ngakak yaampun 😆

    BalasHapus