Pages

Rabu, 24 Januari 2018

JBJ History [JBJ's 100day debut] - The Most Beautiful Fate

JBJ bukan hanya sekedar grup idol, JBJ adalah takdir yang terindah

Seratus hari sudah lamanya semenjak grup yang awal mulanya hanya angan-angan saja akhirnya menjadi kenyataan. Ya, grup ini beda dengan grup pada umumnya yang dibentuk oleh agensi. Grup ini memiliki member dari berbagai agensi, yang berkumpul jadi satu dengan kekuatan fans.

Written by - Jae407
Reference https://namu.wiki/w/JBJ and others

JBJ History - Part I - KenCallTaeGyun - Open Up

Cikal bakal JBJ bermula dari unit bikinan fans namanya KenCallTae (Kenta - Yongguk - Taedong). Kombinasi KenCallTae menarik perhatian karna mereka dianggap bagus dalam ngebawain dance kpop. Kenta dulunya anak DC, Yongguk menarik perhatian waktu bawain Boys In Luv, Taedong juga waktu dance battle antar kelas dia ngedance Fire sama Donghan. Ekspektasi fans, mereka bakal ambil posisi Dance di misi selanjutnya, ternyata cuma taedong yang ambil dance position. Yongguk ambil vokal karna belakangan baru diketahui dia gak bisa ngedance :" Sedangkan Kenta masih misteri dan hanya Tuhan yang tau kenapa dia ambil posisi vokal (bahkan dirinya sendiri juga gak tahu).

Di episode 5, national producer udah disuruh milih trainee yang cocok ngebawain satu dari 5 lagu konsep. Dari sini fandom berembug untuk masukkin Kencalltae dalam satu lagu yaitu Open Up (yeorojwo) karna mereka dipercaya bisa bawain lagu seksi yang menonjolkan dance skill. Selain tiga fandom itu mereka juga bersekongkol(?) dengan fandom Kim Sanggyun buat jadiin rapper di lagu itu, dan juga fandom  Kang Dongho untuk ngisi vokalnya. Jadilah KenCallTaeGyunHo sebagai line-up awal lagu Open Up.


Ironinya Taedong dan Sanggyun gagal masuk Open Up dan kelempar ke Showtime dan I Know you Know.
Ironinya lagi Kang Daniel yang sebenarnya adalah member terbuang justru akhirnya dikenal dunia sebagai yang ngebawain lagu Open Up.
Yasudah, ini takdir terindah.


JBJ History - Part II - NoTaeDonghan - Shape of You


Sebenernya KenCallTaeGyun itu gak terlalu deket di episode2 sebelumnya, bahkan moment mereka hampir gak ada. Seperti yang kita tau Kenta nge-geng nya sama KenSuKi, Sanggyun sama rapper2, dan yongguk...gak punya temen. :" Tapi fandomlah yang nyomblangin dengan menjunjung motto "kalau fansnya akur, biasnya juga akur". Tapi proses comblangan mereka gagal dan tinggal KenCall yang barengan. Kenta masih deket sama SuKi sebelum mereka dieliminasi.

Disisi lain, sedikit mundur kebelakang, Taedong yang ternyata masuk posisi dance sendirian bertemu dengan kim donghan dan no taehyun di tim lagu Shape of You. Seperti takdir yang indah, tim ini pun jadi legend karna mereka dapet teriakan encore di akhir penampilan. Dan sang leader sekaligus koreografer tim ini, No Taehyun, dapet ranking pertama untuk posisi Dance.
Sayangnya setelah eliminasi, member yang tersisa tinggal taehyun, taedong, dan donghan yang mepet hampir tereliminasi di ranking 35. Mereka ini dikenal sebagai NoTaeDongHan.


JBJ History - Part III - KenCallTaeGyunSoHoBin - The Beginning of JBJ

Fandom KenCallTaeGyun sebelumnya sudah memutuskan untuk mengicar posisi IBI seperti di season satu, yaitu trainee yang masuk 22 besar namun gagal debut. Tapi rencana mereka gagal setelah KenCallTaeGyun berpencar di lagu konsep.

Sehari sebelum pengumunan eliminasi di episode 10, beredar spoiler kalau trainee yang lolos selanjutnya hanya 20 orang, dan beredar pula nama2 trainee yang tereliminasi. (oh yess I got a mental breakdown that day >: Well, we all did...no, not you wannables!)

Lalu ada seorang fans yang menggabungkan KenCallTaeGyun dengan NoTaeDonghan ditambah Kwon Hyunbin dalam satu unit yang dinamakan JBJ. Unit ini menarik banyak perhatian karna gabungan dari beberapa tim yang pernah terbentuk.  Dan benar saja, nama-nama yang berada di spoiler adalah nama-nama yang tereliminasi, dan Ken(Kenta) call(Yongguk) tae(Taedong) gyun(Sanggyun) so(Taehyun) ho(Donghan) bin(Hyunbin) semuanya tereliminasi. (red- yap tepat begitu siaran episode ini selesai dan para fandom saling menghibur satu sama lain, nama JBJ meledak)

Fandom ini kemudian lama-lama jadi besar dan akhirnya para member pun semakin dekat satu sama lain. Mereka mulai membuat grup chat, saling menyebut satu sama lain dalam interview yang puncaknya ke 7 member berfoto bersama. (yang kemudian menginspirasi sanggyun untuk menulis lirik ~let me take a selfie~ di Say My Name ) 


JBJ History - Part IV - JBJ Road to Debut

Sehari sebelum siaran ep 10 atau sebelum pengumuman eliminasi resmi spoiler, fans sudah mulai membentuk projek JBJ, dan nama JBJ berada di puncak pencarian naver selama 6 jam.

Projek JBJ ini bukan cuma modal omongan saja, saat peringatan berdirinya Hunus Ent (agensi Kim Sanggyun) fans dari para trainee memberi hadiah berupa pohon pinus dan beberapa snack, tujuannya adalah mereka berharap JBJ bisa terwujud.

Selain itu mereka juga mempersiapkan papan advertismen besar di subway. Mereka juga membuat banyak slogan, merchandise JBJ untuk digunakan saat Final concert 35 trainee. Bukan hanya itu, di sosial media, para fans membuat fanart seperti foto teaser, teaser MV, sampai teaser variety show yang semuanya adalah editan.





Rangkaian terakhir dari Program Produce 101 Season 2 adalah Final Concert yang diadakan oleh trainee top 35 termasuk top 11 yang akan debut dengan Wanna One. Konser itu adalah jadwal terakhir mereka bersama sebelum benar-benar berpisah/terlepas dari produce 101. (I'm emo again. But hey, it's the past)

Setelah konser selesai, mereka kembali ke kegiatan individual masing-masing. Yang mau debut, persiapan untuk debut, yang mau kombek persiapan untuk kombek, yang fanmeet persiapan untuk fanmeet. Tapi selagi itu perhatian terhadap JBJ tidak berkurang justru semakin besar. Debut JBJ bukan hanya sekedar harapan fans saja tapi juga menarik perhatian dari publik. Di setiap interview atau kegiatan individu trainee yang jadi anggota jbj mereka selalu menanyakan tentang JBJ, bahkan banyak aktivitas seperti pemotretan, variety show yang melibatkan member JBJ.
Mereka banyak melakukan jadwal bersama diantaranya;

- 22 Juni, Zone Jealous - Kim Sanggyun, Kim Donghan
- 6 Juli, NYLON Photoshoot - Kim Yongguk, Kenta
- 7 Juli, S-Style Photoshoot - Kwon Hyunbin, Kim Sanggyun, Kim Donghan, Kim Yongguk
- 10 Juli, Allure Photoshoot - Kim Yongguk, Kenta
- 10 Juli, V Live Eating Together, Kim Donghan, Kim Yongguk, Kenta
- 11 Juli, Must Eat 20 - Kim Donghan, Noh Taehyun
- 12 Juli, Ceci Photoshoot - Kim DOnghan, Kim Sanggyun, Kim Yongguk
- 13 Juli - 4 Agustus, HEYO TV Private Life - Kwon Hyunbin, Kim Sanggyun, Kim Donghan, Kenta (PRINSIX)
- 17 Juli, Web Magz Giomai Photoshoot - Kwon Hyunbin, Kim Donghan, Kenta


Kegiatan individu masing-masing member antara lain comeback Taehyun di HOTSHOT dengan lagu Jelly, Debut Yongguk di unit Yongguk&Shihyun, Kwon Hyunbin yang main drama "Borg Mom", dan member lain yang menggelar fanmeet masing-masing. Di tengah kesibukan mereka, pertanyaan mengenai debut JBJ semakin sering di tanyakan dan fans terus mengungkapkan keinginan mereka supaya JBJ bisa debut.


Respon positif ditunjukkan oleh masing-masing member dengan moment kedekatan mereka di SNS. Sampai akhirnya Loen Entertainmen mengumumkan jika mereka akan mendiskusikan promosi JBJ di bawah Fave Ent. Sejak pengumuman tersebut masing-masing agensi dari member berdiskusi untuk aktifitas JBJ. Sinyal hijau diberikan oleh satu-persatu agensi. Namun tidak selalu berjalan lancar. Agensi Kwon Hyunbin, YGK+, belum memberikan respon apa-apa mengenai debut Hyunbin di JBJ sehingga fans ramai-ramai membuat hastag JBJ OT7 di twitter yang berisikan harapan Hyunbin bisa debut di JBJ.

Masalah tidak berhenti disitu saja. Saat akhirnya Kwon Hyunbin dipastikan akan bergabung dengan JBJ, agensi Kim Taedong mengungkapkan jika mereka ada masalah dengan artisnya. Sebenarnya Kim Taedong sudah menghilang sejak produce finale concert berakhir. Siaran pada tanggal 10 Juli, V Live Eating Together, Kim Donghan, Kim Yongguk, Kenta, sebenarnya dijadwalkan bersama Kim Taedong. Tapi tiba-tiba agensi meng-cancel Taedong dengan alasan pribadi. Dan selanjutnya diketahui bahwa Taedong sedang bermasalah dengan agensinya.


Pada tanggal 30 Agustus, Fave entertaintment mengumumkan jika JBJ akan memulai debut resmi pada tanggal 18 Oktober 2017. Selama itu Loen ent terus mengusahakan agar Taedong bisa ikut debut dengan JBJ, namun masalah agensi Major9 (The Vibe Label) tidak dapat terselesaikan, sehingga pada akhirnya JBJ debut dengan 6 orang saja, yaitu Takada Kenta, Kim Yongguk, Kim Sanggyun, Noh Taehyun, Kim Donghan, dan Kwon Hyunbin.



Berawal dari fanmade... hingga jadi kenyataan.
(Fanmade profile photo JBJ)


 (Official profile photo JBJ)


(Official debut album teaser - Fantasy)




(Official comeback teaser - True Colors)


JBJ 100 Days Anniversarry 
25 Jan 2018
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar